Home Uncategorized ๐—ฆ๐—ถ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—ฟ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ข๐—ฐ๐˜๐—ผ๐˜ƒ๐—ถ๐—ฎ๐—ป๐˜‚๐˜€ ๐— ๐—ผ๐˜๐—ฒ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ผ๐—บ๐—ฝ๐—น๐—ผ๐˜๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ถ๐—ป๐—ถ? ๐—ž๐—น๐—ฎ๐—ถ๐—บ ๐—ฑ๐—ถ๐—ฟ๐—ถ ๐—บ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฒ๐—ธ๐—ฎ ๐—ข๐—ฃ๐— , ๐˜๐—ฎ๐—ฝ๐—ถ ๐—ข๐—ฃ๐—  ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ?

๐—ฆ๐—ถ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—ฟ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ข๐—ฐ๐˜๐—ผ๐˜ƒ๐—ถ๐—ฎ๐—ป๐˜‚๐˜€ ๐— ๐—ผ๐˜๐—ฒ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ผ๐—บ๐—ฝ๐—น๐—ผ๐˜๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ถ๐—ป๐—ถ? ๐—ž๐—น๐—ฎ๐—ถ๐—บ ๐—ฑ๐—ถ๐—ฟ๐—ถ ๐—บ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฒ๐—ธ๐—ฎ ๐—ข๐—ฃ๐— , ๐˜๐—ฎ๐—ฝ๐—ถ ๐—ข๐—ฃ๐—  ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ?

by melanin
2 comments

Octovianus Moteย dan Dr. Adriana Elisabeth bermain sebagai dalang yang mendorong agenda Dialog Jakarta-Papua yang ditinggalkan Alm. Neles Tebay (koordinator JDP). Karena Octovianus Mote dan Adriana Elisabeth adalah teman lama semasa kuliah dan memiliki hubungan khusus, kemudian hubungan itu digunakan untuk mendorong agenda dialog Jakarta-Papua.

Dua orang di atas merupakan dalangnya. Mereka dua ini yang sedang mengendalikan pemain depan mereka adalah: Jeffry Pagawak dan kelompoknya —- Strategi yang mereka mainkan adalah: Mereka memperalat orang tua pertahanan untuk melakukan aksi gencetan senjata agar dialog yang mereka perjuangkan itu dapat tercapai.

Rakyat West Papua dan seluruh publik harus ketahui hal ini.

Dalam KTT ULMWP Tahun 2017, Octovianus Mote dan rombongannya ngotot /bersikeras untuk melanjutkan kepemimpinan Mote tetap sebagai Ketua, tetapi itu gagal. Kenapa Octovianus Mote berusaha keras kembali jadi ketua??? Karena ingin mendorong agenda dialog Jakarta-Papua, di mana sebelumnya ia ikut mendorong secara diam-diam dalam ULMWP kemudian bisa diloloskan menjadi agenda resmi dalam perahu ULMWP, tetapi puji Tuhan, hal itu telah gagal setelah pemilihan pada KTT tahun 2017 suara terbanyak memilih tuan Benny Wenda.

Ketika itulah, Oktovianus Mote merasa agenda dialog yang didorongnya telah gagal. Akhirnya keluar dari ULMWP dan bangun provokasi terhadap Jefry Pagawak, Sebby Sambom, Victor Yeimo (KNPB), Jefry Wenda (AMP), Akouboo Amatus DouwLeonie Tanggahma, Lewis Welip. Mereka telah dihasut oleh Okto Mote dan keluar bangun kekuatan menjadi oposisi dan melawan ULMWP sambil mendorong agenda dialog melalui โ€œOPMโ€ yang hari ini mereka klaim melalui Jeffry Pagawak dan kelompoknya.

๐‰๐š๐๐ข ๐๐ข๐ฌ๐ข๐ญ๐ฎ ๐ฅ๐ž๐ญ๐š๐ค ๐ฉ๐ž๐ซ๐ฌ๐จ๐š๐ฅ๐š๐ง๐ฒ๐š!!!

Yang jadi persoalan sekarang adalah hanya tentang โ€œPERBEDAAN AGENDAโ€

Okto Mote bawa agenda dialog — Benny Wenda bawa agenda Referendum. (DI SITU LETAK PERBEDAANYA)

Orang tua pertahanan di hutan rimbah raya tidak tahu apa pun tentang pertabatan agenda ini. Mereka hanya diperalat oleh oknum-oknum tersebut di atas agar orang tua pertahan dapat melakukan aksi gencetan senjata untuk tujuan dialog yang mereka dorong agar dapat tercapainya, sebab dalam sejumlah teori telah menyatakan bahwa sebelum menuju dialog โ€œmemang harus ada gencetan senjataโ€ — Orang tua dipertahanan tidak tahu apa pun tentang hal ini, mereka sedang dikorbankan untuk kepentingan politik dialog yang didorong oleh Octovianus Mote dan kelompoknya.

Pertanyaan singkatnya begini: Kalo orang tua pertahanan diminta untuk terlibat dalam dialog, apakah mereka mau menerima agenda itu??? Pasti mereka akan tolak secara mentah-mentah..!!!! dan marahโ€ฆ!!!!

Orang tua pertahanan harus tahu tentang agenda terselubung Octovinaus Mote ini. Jangan dibodohi..!!!!! Anjing anak-anak kecil yang dihasut oleh Octovianus Mote di atas, kamu harus stooppโ€ฆ.!!!!!

Buat pace Octovianus Mote, Jefry Pagawak dan komplotan-nya โ€“ Saya perhatikan kalian sedang meyesatkan rakyat Papua dengan segala tipu daya kalian. Kalian โ€œMENG-ATAS-NAMA-KAN Kebenarasn, Tuhan Allah, Alam, Tulang Belulangโ€ dengan tujuan untuk meyakinkan penipuan kalian kepada publik. — kalian gunakan nama-nama Tuhan dan segalahnya ini hanya untuk kepentingan meyakinkan orang!!! Saya kasi tau kalian eโ€ฆ itu cara basihโ€ฆ!!! Siapa saja bisa gunakan nama Tuhan untuk TIPU-TIPU!!! Kam stop sudahโ€ฆ!!!!!

Dalam keadaan sadar dan kalian sangat tahu โ€“ paham tentang apa yang kalian sedang lakukan adalah benar-benar โ€œPENUH TIPU MUSLIHATโ€, tetapi kalian gunakan nama Tuhan Allah, nama Tulang belulang, Nama Alam, nama Kebenaran โ€“ hanya bertujuan untuk meloloskan penipuan kalianโ€ฆ. ini bahaya!!!

Salah satu contoh kurang ajar yang dilakukan Octovianus Mote tahun 2017 —- rakyat Papua dari Sorong sampai Merauke ber-susah payah setengah mati melakukan tanda-tangan petisi secara manual dari kampung ke kampung, rumah ke rumah, kota ke kota SELAMA 5 bulan untuk ditanda tangani, kemduian dikirim ke PBB sebagai bukti untuk permohonan, tetapi APA yang terjadi? Octovianus Mote dalam KEADAAN SADAR membatalkan Petisi itu . Rakyat West Papua menanda tangani Petisi itu selama 5 BULAN tetapi Octovianus Mote se-enaknya saja membatalkan petisi (PERMOHONAN RAKYAT PAPUA itu) hanya dalam hitungan MENIT langsung โ€œBATALโ€ masuk ke PBB — (Ini seorang pemimpin yang TERLALU KURANG AJAR dan JAHAATTTTT).

Maka Octovianus Mote telah melawan dan menghancurkan 1,8 juta rakyat Papua pemilik tanda tangan dalam petisi referendum itu, maka secara otomatis Octovianus Mote tidak pantas dan tidak layak menjadi pemimpin bangsa Papua. Karena Octovianus Mote secara sadar menghancurkan dan menolak 1,8 juta orang Papua itu.

Octovianus Mote tidak hanya mencarkan rakyat papua melalui pembatalan petisi itu, tetapi Octovianus Mote juga telah menyerang dan menghancurkan pendukung dan organisasi-organisasi perjuangan lain, antara lain: Octovianus Mote serang Jenifer Robinson pendiri IPWP dan ILWP, dia juga serang para aktivis Free West papua Campaign di kantor pusat di Oxford, Octovianus Mote juga serang seorang perempuan Australia keturunan Aborigin yang mendukung perjuangan Papua merdeka untuk membela kejahatan seks dilakukan oleh Jefri Pagawak, Octovianus Mote juga serang Feronika Koman demi membela kejehatan seks Jefri itu, dia juga pernah serang pejuangan orang Papua lain seperti Herman Wanggai.

Octovianus Mote telah merusak dan menyerang para pendukung papua merdeka dan para pejuangan orang asli Papua. Serangan Octovianus Mote ini tidak berbeda dari serang pemerintah Indonesia. Serangan sama, agenda sama dan misi pastis ama.

Mereka ini sebenarnya siapa? Siapa Octovianus Mote yang sesungguhnya? Jaringan BIN-LIPI-JDP-Dialog? Atau Siapa?

๐ˆ๐ง๐ข ๐ก๐š๐ญ๐ข-๐ก๐š๐ญ๐ข!
Rakyat sudah lama menanti kita bawa harapan kemerdekaan, tetapi kelakuan pemimpin model seperti ini sangat jahat — jauh lebih jahat dari kolonial Indonesia.

Rakyat sudah lama menderita, penuh dengan darah dan air mata di hati mereka, tetapi kelakukan pemimpin model seperti Octovianus Mote dan Jefry Pagawak ini seperti sedang berdansa, bermain-main, bersenang-senang (bereuforia) diatas tangisan air mata rakyat West Papua Sorong sampai Merauke.

Salah satu contoh lagi adalah: Jeffry Pagawak yang hari ini sedang mengklaim diri sebagai pemimpin OPM ini ternyata ketahuan beberapa waktu lalu. Ada sebuah laporan yang dikeluarkan oleh seorang perempuan asal Aborin di Australia bahwa, Jeffry Pagawak telah melakukan skandal seksual terhadapnya.

Jefry Pagawak kemudian karena marasa malu atas perbuatanya, selanjutnya dia menggunakan akun Facebook Tony Mafuka untuk menyembunyikan dirinya ketika scandal sexnya dengan perempuan Australia keturunan Aborigin itu diexpos di Medsos. Selain dia menyembunyikan diri menggunakan akun Tonny Mafuka, sebelumnya dia juga menggunakan nama akun Jackson Uble King dan Bomanak Wenabur, Jefry Bomanak.

Tidak hanya Jefry Pagawak, Victor Yeimo juga pernah melakukan hal yang sama. Victor Yeimo ditangkap basa oleh Polisi di sebuah Hotel Ketika membawa seorang perempuan asal Suku Walak. Akhirnya Victor Yeimo dituntut dengan denda adat sebesar 25 juta oleh keluarga korban.

Ini kelakuan pemimpin-pemimpin model apa ini..????? Mau bertanggung terhadap rakyat Papua model begini ka..????

Ini sesungguhnya kejahatan pemimpin terhadap rakyat Papua — Logikanya begini: Rakyat Papua telah memberikan harapan kepada pemimpin, tetapi pemimpin menjawab harapan itu dengan kejahatan) —- Ini JAHAT sekali — Oh My God, tolong ampuni pemimpin-pemimpin jahat model-model di atas ini..!!!!

โ€œ๐—ฆ๐—˜๐—Ÿ๐—จ๐—ฅ๐—จ๐—› ๐— ๐—œ๐—Ÿ๐—œ๐—ง๐—˜๐—ฅ ๐——๐—œ ๐—ฃ๐—”๐—ฃ๐—จ๐—” ๐—ฆ๐—˜๐—š๐—˜๐—ฅ๐—” ๐—•๐—˜๐—ฅ๐—ง๐—œ๐—ก๐——๐—”๐—ž ๐—ง๐—˜๐—ฅ๐—›๐—”๐——๐—”๐—ฃ ๐—ข๐—ฅ๐—”๐—ก๐—š-๐—ข๐—ฅ๐—”๐—ก๐—š ๐—๐—”๐—›๐—”๐—ง ๐—œ๐—ก๐—œโ€

Kemudian ada juga yang muncul akhir-akhir ini atas nama Lewis Prai Wellip โ€“ Jadi begini, disini saya mau kasih tahu kepada semua teman-teman dan publik bahwa akun FB yang Namanya (Lewis Prai Wellip), dia punya marga bukan Prai. Marga aslinya adalah Welip, asal dari Keerom, Jayapura. Lewis ini dia gunakan istilah dari marga Prai karena, mama dari Lewis Welip ini bermarga Prai saudarinya Jacob Prai, sehingga untuk kepentingan legitimasi politik OPM, Lewis melakukan manipulasi identias aslinya — Supaya orang dapat percaya dia dengan marga Prai yang dia pakai, padahal sesungguhnya marga aslinya BUKAN (Prai) tapi marga aslinya adalah (WELIP), jadi nama identitas aslinya adalah: ๐—Ÿ๐—˜๐—ช๐—œ๐—ฆ ๐—ช๐—˜๐—Ÿ๐—œ๐—ฃ / bukan Lฬถeฬถwฬถiฬถsฬถ ฬถPฬถrฬถaฬถiฬถ.

Jadi dia gunakan marga Prai saudara laki-laki dari mama-nya Lewis (Lewis Welip punya Om) hanya kepentingannya, dengan begitu orang percaya diaโ€ฆ HAHAHAHA..

Jadi politik manipulasi identitas ini kemudian Octovianus Mote gunakan orang ini sebagai alat, dimana Mote memainkan orang-orang ini sebagai wayang di depan..!!!!! Bikin kacau sajaโ€ฆ. Hanya untuk kepentingan kesan public, identitas dimanipulasi, DASAR LAKI-LAKI Australia/Keerom satu iniโ€ฆ.!!!!! Kam main apa e.. sebenarnya, TERLALU AMBISIUS sekaliโ€ฆ.

Saya perhatikan, orang-orang [masyarakat awam maupun juga pejuang yang tidak tahu apa-apa/buta] sedang bingung dan saling bantah-membatah terjadi terutama dalam komentar-komentar di beberapa postingan media sosial tentang OPM/ULMWP.

Saya lihat mereka ini memang benar-benar โ€œBUTAโ€ sama sekali tidak tahu apa-apa. Lebih tepatnya sebut saja mereka โ€œbutaโ€ dan tidak mengerti dan terlanjut dibodohi dalam posisi keterbatasan informasi dan pegetahuan mereka tentang sejarah/latar belakang perjuangan Papua Merdeka ini — Dan mereka ini tidak sadar kalo sesungguhnya mereka ini โ€œsedang disesatkan / ikut arus permainan irama Octovianus Mote di atasโ€ โ€“ Benar-benar kasihan mereka!!!

Harus diketahui dan dimengerti baik tentang, Apa itu OPM?

Sebelum saya jelaskan tentang ap aitu OPM, saya awali dulu dengan kilas balik muncul-nya istilah OPM itu sendiri. Jadi begini pada:

โถ TAHUN 1961 โ€“ 1 Desember itu terjadi Deklarasi Manifesto Politik Papua (awal embrio negara Papua di-umumkan). 19 Desember, Presiden Indonesia pertama, Sukarno mengumandangkan TRIKORA untuk bubarkan manifesto politik tersebut (bubarkan embrio negara Papua yang dipersiapkan orang-orang terdidik Papua Bersama Belanda).

โท TAHUN 1962 โ€“ Akibat perebutan wilayah Papua antara Belanda vs Indonesia โ€“ Indonesia yang kemudian atas dukungan dari Amerika, terjadilah New York Agreement pada tanggal 15 Agustus antara Belanda dan Indonesia. 1 Oktober (46 hari setelah New York Agreement), Belanda menyerahkan Papua kepada UNTEA (eksekutif sementara PBB). 31 Desember 1962 bendera Belanda resmi diturunkan dan digantikan dengan bendera Merah Putih sebagai tanda dimulainya kekuasaan de jure Indonesia atas tanah Papua di bawah pengawasan PBB (dan mulai saat itu bendera Indonesia dan PBB berkibar bersamaan di Papua).

โธ TAHUN 1963 โ€“ 1 Mei (5 bulan kemudian), PBB (UNTEA) sepenuhnya menyerahkan Papua kepada Indonesia (bendera PBB diturunkan dan bendera Indonesia berkibar tanpa bendera PBB lagi).

โน TAHUN 1964 โ€“ Sekitar 1.000 jiwa orang luar Papua ditransmigrasi ke Papua (Jayapura dan Merauke).

โบ TAHUN 1965 โ€“ Mengetahui serangkaian peristiwa Politik dari 1961, 62, 63, 64 di atas, Ferry Awom (panglima umum), Terianus Aronggear dkk-nya memulai melakukan serangan terhadap Indonesia di daerah Arfai di Manokwari pada Juli 1965. Permulaan Gerakan ini dimulai bertepatan juga dengan gerakan PKI di Jakarta. Di Papua, Indonesia mulai melakukan serangan balasan terhadap Ferry dkk. Gerakan yang dipimpin Alm. Ferry Awom dkk (gerakan Papua Merdeka) ini yang kemudian pemerintah Indonesia menyebutnya gerakan Organisasi yang Berjuang Papua Merdeka dan diberi CAP/LABEL sebagai Organisasi Papua Merdeka atau OPM. Disitu awal mula gerakan perlawanan Permenas Ferry Awom .dkk di-cap sebagai OPM oleh Indonesia.

โป TAHUN 1966 โ€“ Dari situlah invasi militer Indonesia besar-besaran mulai terjadi, tahun 1966 Indonesia melakukan Operasi militer yang disebut Operasi Baratayudha yang dilakukan dengan tujuan untuk menghancurkan gerakan OPM agar Indonesia bisa memenangkan PEPERA 1969. Operasi ini dipimpin oleh Brigjend R. Bintoro.

โผ TAHUN 1967 โ€“ Alm. Ferry Awom diculik oleh pasukan militer Indonesia dan dibunuh. Pada bulan April 1967 Indonesia melakukan kontra kerja sama dengan Freeport-McMoRan untuk memulai operasi tambang emas di Papua (PT. Freeport Indonesia) sekarang di Timika.

โฝ TAHUN 1968 โ€“ Satu tahun menjelang PEPERA, Indonesia lancarkan operasi militer (Operasi Sadar, Baratayudha dan Operasi Wibawa) terhadap gerakan OPM kawan-kawannya Alm. Ferry yang ditinggalkan. Indonesia melakukan operasi ini untuk persiapan penyelenggaraan โ€œPeperaโ€ agar dapat dimenangkan oleh Indonesia.

โพ TAHUN 1969 โ€“ Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) dilakukan. Indonesia memilih dan mempersiapkan orang Papua sekitar 1.025 orang dan memaksa mereka untuk menyatakan diri bergabung dengan Indonesia. Ini terjadi dalam todongan moncong senjata!

— Setelah 1969, satu tahun kemudian 1970 Indonesia masih terus lancarkan operasi militer dimana-mana mengingat Gerakan Papua Merdeka terus bertumbuh di seluruh Papua — Kalo kita bicara tentang Operasi Militer satu-persatu, ini terlalu banyak dan โ€œORANG PAPUA SUDAH MATI RATUSAN RIBU DI SELURUH PAPUAโ€. Banyak sekali operasi militer yang terjadi; Operasi 1970 โ€“ 1974, Operasi 1977 โ€“ 1978, Operasi 1978 โ€“ 1982, Operasi 1984, Operasi 1985-1986, Operasi 1986 โ€“ 1987, Operasi 1987-1989, Operasi 1989-1991, Operasi 1998 โ€“ 1999, Operasi 1999 โ€“ 2002, Operasi 2002 โ€“ 2004 hingga saat ini TAHUN 2020, Operasi militer TNI/Polri masih terus berlanjut.

โฟ TAHUN 1971 โ€“ Terjadi Proklamasi Negara Republik West Papua (Republic of West Papua) dipimpin Drigjend. Seth J. Rumkorem selaku Proklamator dan Jacob H. Prai selaku Kepala Senat dan beberapa kabinetnya disertai Konstitusi Pemerintahan Revolusi atau Pemerintahan Sementara.

Apa itu OPM?

OPM adalah singkatan dari istilah; Organisasi Papua Merdeka. Istilah OPM merupakan label atau cap yang diberikan atau cap yang di-cap oleh Indonesia terhadap gerakan Orang Papua yang berjuang Merdeka โ€œjadi: OPM itu bukan organisasi, itu hanya dalam tanda kutip [cap/label], jadi sekali lagi dalam sejarah Papua Merdeka, OPM sesungguhnya bukan organisasi, tetapi itu hanya โ€œistilah, atau cap, atau labelโ€ yang dikasih atau dinyatakan oleh Indonesia terhadap perjuangan Orang Papua yang berjuang Merdeka, jadi sekali lagi saya tegaskan, OPM itu โ€œbukan organisasiโ€..!!!!! Yaaaa..!!! โ€œbukan organisasiโ€

—- Kalo tidak percaya tentang apa yang saya bilang ini, silahkan tanya langsung kepada orang tua, tokoh-tokoh Papua Merdeka lain atau para pejuang Papua Merdeka yang lebih tua dari saya tentang hal ini — Mereka pasti akan mengatakan hal yang sama. Andaikan Ketua I Legislatif ULMWP, Alm. Tuan Andy Ayamiseba masih ada, atau Alm. Dr. Otto Ondowame masih ada, mereka pasti akan mengatakan seperti apa yang saya jelaskan ini di atas — Atau anda juga bisa tanya kepada mereka yang masih ada saat ini seperti Sekretaris Eksekutif ULMWP, Tuan Rex Rumakiek, atau pemimpin WPNCL Tuan Constantinopel Ruhukail, Juru Bicara ULMWP, Tuan JacobRumbiak, atau tanya ke Sekjend TRWP, Bpk. Prof. Dr. Sem Karoba, bisa juga tanya ke Misi ULMWP untuk PBB, taun Herman Wainggai, atau bisa juga tanya ke Kepala Biro Pertahanan ULMWP, Tuan Manashe Tabuni atau anda bisa tanya langsung ke orang tua, Bpk. Jenderal TRWP, Mathias Wenda Komando Revolusi yang terakhir dari TPN yang masih hidup sampai hari ini — Anda bisa tanya seputar hal-hal ini ke mereka, jika masih tidak percaya dan bingung.

Jadi OPM adalah: Istilah, atau CAP, atau Label yang dinyatakan oleh Indonesia terhadap siapa saja yang berjuang Papua Merdeka, entah itu perseorangan, kelompok, atau juga secara organisasi yang berjuang Papua Merdeka, menurue label/cap pemerintah Indonesia terhadap kita adalah: OPM. Jadi OPM bukan Organisasi!!! —- Dalam sejarah perjuangan Papua Merdeka dari tahun 60-an hingga 2020 sekarang, tidak pernah ada deklarasi Organisasi OPM oleh siapa pun orang Papua dari Sorong sampai Merauke.

Singkat contoh-nya: Di antara tokoh Papua Merdeka Proklamasi 1 Juli 1971 Jacob Prai dan Seth Rumkorem, Siapa yang KETUA Organisasi OPM-nya? Tidak ada kan???? Sejauh yang saya tau, di antara mereka ini TIDAK ADA KETUA OPM โ€“ Kenapa tidak ada ketua OPM??? Ya memang karena OPM itu bukan organisasi..!!!!! — dari penjelasan ini, anda paham kanโ€ฆ??? — Jadi OPM itu BUKAN ORGANISASIโ€ฆ!!!

Jika ada orang-orang tertentu yang mengklaim OPM itu organisasi dan menyatakan diri sebagai Ketua OPM dan sejenisnya, maka patut dipertanyakan, karena mereka itu tidak jelas.

Jika OPM itu organisasi, pertanyaan adalah:
โถ Kapan dan dimana organisasi OPM itu di-bentuk?
โท Dalam forum apa Pengurus Organisasi OPM diangkat?

Jawabanya adalah: ๐—ง๐—œ๐——๐—”๐—ž ๐—”๐——๐—”!

โ€“ yang ada dalam sejarah Papua Merdeka adalah: organisasi Papua Merdeka PEMKA (Pembela Kebenaran) yang dipimpin oleh Jacob H. Prai dan organisasi Papua Merdeka Victoria yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal, Seth J. Rumkorem.

Jadi OPM adalah: Istilah, atau CAP, atau Label yang dinyatakan oleh Indonesia terhadap siapa-pun yang berjuang Papua Merdeka, entah itu oknum, kelompok atau pun juga organisasi yang berjuang Papua Merdeka.

Label atau CAP OPM ini pertama kali di-cap oleh Indonesia ketika perjuangan perlawanan terhadap Indonesia mulai dilakukan oleh Ferry Awom dan kawan-kawannya di Manokwari tahun 1965 seperti yang dijelaskan sekilas sejarah di atas.

Jadi label atau CAP istilah OPM ini tidak bedah dengan istilah: SEPARATIS, KKB, KKSB, GPK, TERORIS dan sejenisnya yang hari ini Indonesia katakana kepada kita yang berjuang Papua Merdeka.

Berikut ini cap-cap atau label yang diberikan Indonesia:

1. OPM โ€“ Orang Papua Merdeka atau Organisasi Papua Merdeka
2. GPK โ€“ Gerakan Pengacau Keamanan
3. GSPK โ€“ Gerakan Separatis Pengacau Keamanan
4. KKB โ€“ Kelompok Kriminal Bersenjata
5. KKSB โ€“ Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata
6. GSB โ€“ Gerakan Separatis Papua
7. TERORIS Papua

Jadi, itulah label-label atau cap istilah yang diberikan Indonesia terhadap perjuangan orang Papua Ketika berjuang Merdeka.

๐—ข๐—ฃ๐—  ๐—ฃ๐—˜๐— ๐—ž๐—” ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ข๐—ฃ๐—  ๐—ง๐—˜๐—ฃ๐—˜๐—ก๐—”๐—Ÿ ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐˜‚ ๐—ง๐—ฃ๐—ก

Organisasi Papua Merdeka – Pembela Kebenaran (OPM-PEMKA) yang dipimpin oleh Jacob Hendrik Prai dan OPM Victoria yang dipimpin oleh almarhum Brigadir Jenderal TPN Seth Jafeth Roemkorem. OPM PEMKA umum-nya dipimpin oleh semua penduduk dataran tinggi dan pedalaman West Papua. Sedangkan OPM Victoria sebagian besar dipimpin oleh penduduk pulau New Guinea Barat.

Fraksi PEMKA dari Prajurit Tuan. Jacob H. Prai disebut Tentara Pembebasan Nasional (TEPENAL) dan kelompok Rumkorem disebut TPN (Tentara Pembebasan Nasional).

Menurut Almarhum Dr. John Otto Ondawame, adalah pemimpin PEMKA yang mengatur dan mengirim komandan militer (Komandan TEPENAL) ke wilayah pegunungan dan pedalaman West Papua ketika kedua kelompok dipisahkan oleh masalah pribadi antara Prai dan Rumkorem.

Banyak Komandan Regional TEPENAL seperti Kelly Kwalik, Tadius Yogi, Boni Anaya, Bernardus Mawen, Meki Salossa, dan Mathias Wenda telah aktif sejauh ini dan mereka saat ini disebut Komandan TPN atau TPN / OPM. Mereka secara teori Komandan TEPENAL dari Fraksi PEMKA.

(Kami menganggap kedua PEMKA dan Victoria adalah faksi karena telah terjadi pertumpahan darah dalam perjuangan mereka untuk kemerdekaan dari Indonesia) Namun, apa yang kita miliki saat ini seperti TPN / OPM, TPN.PB, DM-TPNPB, TPNPB-OPM tidak benar-benar faksi, tetapi mereka garis perintah yang berbeda dan struktur militer yang terpisah yang sebagian besar waktu tumpang tindih satu sama lain.

Kepemimpinan TPN diserahkan dari Rumkorem ke berbagai pemimpin seperti Prawar dan kemudian ke Rex Rumakiek dan H.R. Joweni. Baik Rumakiek dan Joweni adalah Komandan senior TPN. Sementara Dr. Ondawame sendiri adalah Komandan senior TEPENAL, bersama dengan Geradus Tom dan Alex Derey yang tinggal di Belanda hingga hari ini. Ketua Umum Wenda dan Jenderal Amunggut Tabi sama-sama dari pengelompokan TEPENAL.

Namun, penamaan dan pengelompokan itu menjadi kabur ketika turun ke generasi muda. Misalnya: Sebby Sambom, Jefry Pagawak, Goliat Tabuni, Enden Wanimbo dan banyak lainnya. Masih ada pertanyaan: โ€œApakah mereka berasal dari TEPENAL atau TPN?โ€

Semuanya menyebut diri mereka sebagai anggota OPM. Mereka menyebut diri mereka TPN / OPM, lalu TPNPB, atau TPNPB-OPM, atau DM-TPNPB-OPM.

๐—”๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฒ๐—ฏ๐—ฎ๐—ฏ ๐—ง๐—ฃ๐—ก ๐˜ƒ๐˜€ ๐—ฃ๐—˜๐— ๐—ž๐—” ๐—ณ๐—ฎ๐—ธ๐˜€๐—ถ๐—ผ๐—ป๐—ฎ๐—น๐—ถ๐˜€๐—บ๐—ฒ

Kami tidak memiliki akun yang sangat jelas dan komprehensif tentang โ€œMasalah pribadi apaโ€ yang menyebabkan persaingan dan kemudian perselisihan antara komandan TEPENAL dan TPN, tetapi yang kami tahu berdasarkan kisah yang berbeda adalah bahwa ada masalah pribadi yang harus dilakukan dengan salah satu istri dari Pak Prai, yang berasal dari Biak, pulau dan suku yang sama dengan Almarhum S. Rumkorem. Itu semuanya. Kami tidak tahu apa yang terjadi di sini, tetapi pada akkhirnya mereka telah bersatu.

๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฎ๐˜๐˜‚๐—ฎ๐—ป ๐—ฃ๐—˜๐— ๐—ž๐—” ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฉ๐—ถ๐—ฐ๐˜๐—ผ๐—ฟ๐—ถ๐—ฎ

Hari ini, kita memiliki Otto Ondawame (PEMKA) dan Andy Ayamiseba (Victoria) sebagai Pemimpin Senior OPM yang mendirikan Kantor West Papua bernama Kantor Perwakilan Rakyat West Papua (WPPRO) pada tahun 2001. Mereka bergabung dengan Rex Rumakiek (Victoria) dan yang terakhir pada tahun 2004 oleh Kolonel TEPENAL Amunggut Tabi (PEMKA) dengan para jenderal lainnya bersamanya. Kelompok personil militer ini kemudian dikirim oleh Jenderal TEPENAL Mathias Wenda yang berbasis di Vanimo, Provinsi Sandaun, Papua Nugini.

Kedua OPM disatukan dan menjadi satu sejak pembentukan WPPRO oleh Ayamiseba dan Ondawame. Dan kekuatan terpadu terus beroperasi. West Papua Nasional Coalition for Liberation (WPNCL) atau Koalisi Nasional untuk Pembebasan West Papua dibentuk oleh PEMKA-Victoria OPM, didukung oleh organisasi akar rumput, terutama Majelis Suku Koteka (DeMMAK – Dewan Musyawarah Masyarakat Adat Koteka).

Di dalam West Papua ada gerakan kuat di bawah kepemimpinan Buchtar Tabuni dan Mako Tabuni dengan KNPB (Komite Nasional Papua Barat). Buchtar Tabuni kemudian menjadi Ketua Parlemen Nasional Papua Barat (PNWP). Secara sosial budaya, Buchtar Tabuni adalah bagian dari DeMMAK, yang ketuanya adalah Tuan. Benny Wenda. DeMMAK berperan penting dalam membangun WPNCL.

LetJend WPRA Amunggut Tabi meminta Jenderal WPRA untuk secara resmi mengakui Buchtar Tabuni sebagai Ketua Parlemen Nasional West Papua dan ini membawa PNWP untuk secara resmi dan kuat terlibat dalam lobi politik untuk membentuk ULMWP.

Buchtar Tabuni dan PNWP secara sosial budaya masih menjadi bagian dari kelompok TEPENAL dari OPM.

(Tentu saja tidak banyak orang yang tahu tentang alur cerita yang kami paparkan di sini, tetapi di sini, mengalir dalam darah, pikiran, dan hati kami)

Kemudian juga pemimpin sejarah organisasi Papua Merdeka, Jacob Prai secara resmi dengan CAP dan Tanda Tangan jelas pada Tanggal 28 Desember 2017 dari Kota Malmo, Negara Swedia, Ia secara resmi memberikan mandat sepenuhnya kepada Benny Wenda sebagai Pemimpin ULMWP dan pemimpin sayap Politik OPM untuk menjalankan tugas sebagai pemimpin bangsa Papua, melanjutkan perjuangan dan misi utamanya, yaitu: mewujudkan Negara Republik West Papua yang Merdeka dan berdaulat penuh —- Selain dia memberikan mandat, Jacob Prai juga menyatakan dirinya merasa bangga atas semua kemajuan perjuang West Papua saat ini.

Dengan demikian, secara teori, tongkat estafet OPM hari ini ada pada DeMMak, dimana Tuan Benny Wenda hari ini sedang memimpin sebagai Ketua dan pemimpin ULMWP yang menjalankan semangat / spirit dari pada OPM itu sendiri — Benny Wenda dia tidak pertahankan tongkat estafet itu di dalam Honai DeMMak, tetapi dengan rasa Nasionalisme-nya dia, pnetingnya persatuan sebaga kunci kemerdekaan sehingga dia bawa itu ke dalam ULMWP untuk medujudkan cita-cita semangat OPM, yaitu: mewujudkan Negara Republik West Papua dan berdaulat penuh secara hukum dan politik di luar NKRI.

Lalu Octovianus Mote ini sebenarnya siapa??? Dia ini muncul tiba-tiba bikin diri seperti malaikat penyelamat yang mendalagi Jefry Pagawak dan kelompoknya seperti yang saya jelaskan di awal tadi. Sebenarnya dia ini dari mana???? Kalo tidak salah dia awalnya hanya seorang wartawan di media Tempo. Dia juga merupakan salah satu orang yang berperan melahirkan Otonomis Khusus di Papua (dia salah satu orang yang terlibat) —- dari karir wartawan yang kemudian berputar-putar di Amerika Serikat, tidak tau dia bikin apa di sanaโ€ฆ. di bidang Akademisi —- mungkin seperti begituโ€ฆ.. Ahhh silahkan ko cari tau sendiri, epen kaโ€ฆ. HEHEHEโ€ฆ!!!!

๐‘‚๐‘˜๐‘’ ๐‘˜๐‘–๐‘ก๐‘Ž ๐‘™๐‘Ž๐‘›๐‘—๐‘ข๐‘กโ€ฆโ€ฆ

OPM PEMKA & OPM Victorial telah Bersatu: WPNCL
Menanggapi permintaan suara bersatu di tingkat reigonal di Melanesian Spearhead Group (MSG), para pemimpin OPM (baik dari PEMKA dan VIctoria) mengadakan pertemuan dan kemudian mendirikan WPNCL.

WPNCL kemudian melamar Keanggotaan MSG di Noumea, Kanaky, tetapi kemudian keanggotaan ditunda untuk memasukkan lebih banyak kelompok West Papua ke dalam organisasi.

Secara teori dan dalam praktiknya WPNCL adalah OPM saat ini, OPM dari PEMKA dan Victoria, OPM dari TEPENAL dan TPN. Secara teori, dengan demikian markas besar OPM Victoria dan Markas Pemka OPM sekarang menjadi anggota WPNCL.

๐—ข๐—ฃ๐—  + ๐—ก๐—ฅ๐—™๐—ฃ๐—• ๐˜€๐—ฒ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ: ๐—จ๐—Ÿ๐— ๐—ช๐—ฃ
Para pemimpin OPM yang bersatu ini kemudian mengundang para pemimpin NRFPB – Negara Republik Federal Papua Barat dan menghasilkan apa yang disebut โ€œDeklarasi Saralana 7 Desember 2014โ€, sepuluh tahun setelah โ€œDeklarasi Rakyat Vanuatuโ€ tentang Dukungan pada 1 Desember 2004 di Stadion Grandstand, Port Vila Vanuatu di depan delegasi pejabat TPN / OPM (PEMKA) dan OPM (pemimpin PEMKA dan Victoria).

Deklarasi Saralana adalah dasar bagi Persatuan Gerakan Kemerdekaan untuk West Papua atau (ULMWP).

๐—ง๐—ฃ๐—ก + ๐—ง๐—ก๐—ฃ = ๐—ช๐—ฃ๐—”
Lima tahun kemudian, tepatnya pada 1 Mei 2019, deklarasi lain yang disebut โ€œDeklarasi 1 Mei Rakyat West Papuaโ€ mengumumkan kepada dunia pembentukan sayap militer ULMWP yang disebut โ€œWest Papua Armyโ€ (WPA).

Banyak pemimpin OPM dari faksi PEMKA dan Victoria, yang sekarang menjalankan dua organisasi besar, WPNCL dan PNWP dan yang dari NRFPB meminta organisasi militer mereka:

1. WPRA, 
2. DM-TPNPB, dan 
3. TNPB

untuk membentuk sebuah kesatuan struktur komando militer di bawah ULMWP.

TPN OPN dan TNP NRFPB sekarang bersatu dan kami menyebut komando militer baru ini sebagai โ€œWest Papua Armyโ€

Jadi apa โ€œpersamaanโ€ selanjutnya?

Mengapa Tentara West Papua dan Bukan TPNPB-OPM atau TPN-OPM?

Jenderal WPRA Amunggut Tabi (WPRA) dari Markas Besar Pertahanan Tentara Revolusi West Papua Barat (WPRA) menjelaskan versi sederhana dari rasio โ€œMengapa Tentara West Papua BUKAN Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN PB) dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) dengan ini disebut TPNPB – OPM? “

Berita Papua Merdeka (PMNews) bertanya kepada Jenderal Tabi tentang perselisihan antara United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dengan West Papua Army (WPA) dan TPNPB-OPM di bawah kepemimpinan Jefry Bomanak Pagawak (OPM) dan Sebby Sambom (TPNPB).

TPN/OPM, TPN.PB, TPN-PB, TPNPB-OPM, TNPB dan OPM
Jenderal WPRA Tabi mengatakan, masalah pertama adalah hubungannya dengan nama TPNPB. Sejauh ini sudah ada tiga kelompok yang menggunakan nama yang sama, TPNPB dengan tiga variasi TPN.PB-OPM (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka), TPN-PB (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat), dan DM-TPNPB (Dewan Militer Tentara Pembebasan Nasional).

TPN-PB-OPM pertama didirikan oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Biak pada tahun 2012. TPNPB ini kemudian membentuk afiliasi dengan Jefry Pagawak yang berbasis di Scotiau, Vanimo, Port Moresby, Kiunga dan Gunung Hagen.

TPNPB lain juga disebut TNPB, nama pendek untuk “Tentara Nasional Papua Barat”. TNPB ini telah disebut TPN juga di bawah komando H. R. Joweni hingga pembentukan WPNCL pada 20 Desember 2005 ketika Joweni terpilih sebagai Ketua WPNCL.

Dewan Militer Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (DM-TPNPB) diketuai oleh Nikolas Ipo Hau dan Jenderal TPN Abumbakarak Omawi Wenda sebagai Panglima Tertinggi.

Di antaranya, ada Tentara Revolusi Papua Barat (WPRA), yang disebut Tentara Revolusi West Papua (TRWP) dengan Jenderal WPRA adalah Mathias Wenda sebagai Panglima Tertinggi. WPRA dibentuk sebagai hasil dari KTT TPN/OPM yang diadakan setelah disahkan oleh semua komandan militer di hutan pada tahun 2005-2006 dan diadakan di Vanimo, di mana WPRA secara resmi dipisahkan dari organisasi politik yang disebut OPM (Organisasi Papua Merdeka).

WPRA mengantisipasi bahwa pengelompokan politik akan terjadi dalam waktu dekat, kemungkinan besar OPM dengan kepemimpinan dan organisasi baru.

WPRA memisahkan diri dari OPM untuk membantu OPM sebagai organisasi politik berfungsi dengan baik sebagai organisasi politik modern untuk Kemerdekaan West Papua. Butuh waktu sangat lama untuk memisahkan antara sayap militer dan organisasi politik Gerakan Papua Merdeka. Indonesia telah menggunakan penamaan dan konsep yang tidak jelas ini untuk menyebut gerakan ini sebagai gerakan separatis, pembuat masalah, dan akhirnya sangat berpotensi dikategorikan sebagai Gerakan Teroris.

Nama TPN/OPM (TPN slash OPM) telah sangat umum digunakan di kalangan pejuang kemerdekaan West Papua, membuatnya sulit bagi orang Papua sendiri untuk melihat siapa kita: โ€œpolitisiโ€ atau โ€œpejuang militerโ€. Retorika, cara berpikir, konsep gerakan kemerdekaan, serta penamaan semua telah dicampur dan disalahpahami dan disalahpahami baik oleh orang Papua sendiri maupun oleh komunitas internasional.

Pemisahan WPRA dari OPM memberi jalan bagi semua kelompok lain dalam gerakan kemerdekaan West Papua untuk menyebut diri mereka BUKAN TPN/OPM lagi, tetapi itu menjadi DM-TPNPB, TPNPB dan TPN-PB, atau TPN.PB.

WPNA, NRFPB, TPN/OPM, WPRA, TPNPB, WPNCL
Kisah TPN / OPM, TPNPB dan WPRA adalah satu sisi mata uang. Sisi lain adalah kisah Otoritas Nasional West Papua (WPNA), Koalisi Nasional untuk Pembebasan West Papua (WPNCL) dan NRFPB (Negara Republik Federal Papua Barat) di bawah kepemimpinan Waromi – Yaboisembut.

OPM dan TPNPB milik kelompok TPN / OPM, yang biasa disebut Kelompok Bintang Satu. Pihak lain disebut Kelompok Bintang-Empat Belas, yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan OPM, tetapi ada beberapa hal yang berkaitan dengan TPN di bawah kepemimpinan H.R Joweni, yang kemudian menjadi ketua WPNCL.

Kita semua tahu kapan WPNCL melamar keanggotaan MSG, para pemimpin MSG meminta pejuang kemerdekaan West Papua untuk mendaftar ulang dengan organisasi yang mencakup semua, terutama karena NRFPB tidak berada di dalam WPNCL.

Mengapa WPNCL tidak dianggap sepenuhnya mewakili West Papua?

Hanya satu jawaban yang memungkinkan: Kelompok Bintang-1 melamar untuk keanggotaan, tanpa melibatkan Kelompok bintang 14.

Sekarang, Mengapa West Papua Army, dan Bukan TPNPB?
Tentara West Papua (WPA) adalah nama sebagai hasil dari lobi dan perhitungan politik. Itu dibentuk sebagai langkah untuk keluar dari “Satu Bintang – Stigmatisasi Grup Bintang Keempat”. Kita semua ingin bebas dari penjajahan Indonesia, oleh karena itu kita perlu bersatu secara politis dan militer.

Oleh karena itu, ULMWP tidak merusak atau melupakan OPM, dan WPA tidak menghilangkan TPNPB, tetapi kami sedang berkembang dari satu bab ke bab berikutnya, dari satu halaman ke halaman berikutnya, menuju tujuan kami: Merdeka dan berdiri sendiri sebagai Negara Republik West Papua (Republic of West Papua).

Jadi, semua TPN / OPM, TPNPB, TPNPB-OPM, DM-TPNPB, WPRA, WPNCL, intinya adalah kita semua โ€œKelompok Bintang-Satuโ€. Dan sekarang kita sudah Bersatu dan bergabung dengan โ€œKelompok Bintang Empat Belasโ€, yang disebut NRFPB dan TNPB (Tentara Nasional Papua Barat).

Jadi, kisah perjuangan politik dan kampanye militer dalam Gerakan Kemerdekaan West Papua akan segera berakhir. Hanya ketika upaya penyatuan ini solid dan konsisten, maka dunia akan datang untuk berurusan, baik secara militer maupun politik dengan kita.

Dan satu hal lagi sebelum saya akhiri: โ€ฆ.

โ€œโ€ฆAda oknum-oknum tertentu yang bagun isu dengan mengatakan itu Papua Merdeka tidak akan datang dari luar negeriโ€ฆ.โ€ฆ lah Itu Imperialisme..โ€ฆ.. lah Itu Kapitalisโ€ฆ.. lah Itu Sukuismeโ€ฆ.. lah Walak Merdekaโ€ฆ.. lah Demokrasi Kesukuanโ€ฆ.. lah Erik Walela..โ€ฆ lah TRWPโ€ฆ.. lah Benny Wenda..โ€ฆ lah Bazoka Logoโ€ฆ.. lah Sem Karobaโ€ฆโ€ฆ lah Buchtar Tabuniโ€ฆ.. lah PPKNRWPโ€ฆโ€ฆ lah Komite Askiโ€ฆ lahโ€ฆ singgung-singgung media tabloid-waniโ€ฆlahhโ€ฆ dan lain-lain ituโ€ฆ..โ€ — dengan cara mereka membuat akun-akun palsu banyak, untuk bangun isu-isu pembusukanโ€ฆ sesungguhya ini mereka sedang bekerja untuk bunuh agenda Papua Merdeka.!!!!!!! —- Kalo berani bikin pake identitas asli toโ€ฆ biar kita baku buktikanโ€ฆ!!!!!

Jika ada kedapatan orang-orang sepertiโ€ฆ!!! tolong tangkap serahkan ke kami, mereka itu sedang membangun isu-isu pembusukan seperti ituโ€ฆ. Jelas untuk menghancurkan agenda perjuangan yang ada jalan hari ini. Kami akan perintahkan West Papua Army untuk eksekusi pembunuh agenda Papua Merdeka. Mereka itu termasuk pembunuh agenda Papua Merdekaโ€ฆ hal ini tegasโ€ฆ.!!!!!

JADI SEKALI LAGI KAMI TEGASKAN DISINI BAHWA:

โ€œPERSATUAN ADALAH KUNCI โ€“ KITA HARUS JAGA MEMELIHARA PERSATUAN YANG SUDAH TERJADI, AGAR KITA CEPAT MERDEKA — JIKA TIDAK MAU BERSATU, BERATI ITU SAMA SAJA TIDAK MAU MERDEKAโ€

Hari ini ULMWP sudah sedang jalan dengan asas Trias Political (Ada Eksekutif, Ada Legislatif dan Ada Yudikatif), dan ULMWP juga sudah punya satu militer sebagai wadah persatuan militer TNPB, TRWP, TPN/OPM / TPNPB yaitu (West Papua Army). Maka itu kita tetap focus dan konsisten kawal agenda-agenda ini menuju PBB, Waa Waโ€ฆWaโ€ฆ. 
______________
CATATAN: TERUSKAN dan SEBARKAN artikel ini, agar dapat diketahui oleh Semua Pejuang Kemerdekaan Papua, tentang sejarah OPM hingga ULMWP ini. Banyak yang tidak mengetahui dan mengerti tentang ini, sehingga menimbulkan banyak kesala-pahaman

Sebenarnya saya tidak perlu bicara hal-hal ini semua jelaskan satu-persatu seperti ini, tetapi jika dibiarkan mereka ini terus berulah, bertingkah melakukan manuver melawan ULMWP persis seperti yang dilakukan Jakarta terhadap ULMWP, untuk terus menghambat laju agenda Papua Merdeka dalam perahu ULMWP. Sehingga ini tidak bisa dibiarkan, rakyat harus ketahui bahwa apa yang mereka lakukan ini sedang membantu Jakarta, dan di saat itulah Indonesia merasa senang dia menang atas apa yang sedang orang-orang terhadap ULMWP.

Apa yang mereka ada lakukan ini mereka gunakan teknik โ€œdelay tacticalโ€ atau dalam bahasa Indonesia โ€œtaktik memperlambatโ€ โ€”โ€”โ€” Jadi artinya bahwa teknik yang mereka pake ini tujuan utama adalah memperlambat (delay) Papua Merdeka.

*kita mau berjuang untuk Merdeka cepat tapi mereka akan tetap terus bermain dengan teknik ini (teknik delay)*

Banyak hal yang bisa saya jelaskan satu-persatu, tetapi tidak cukup hanya dalam satu-dua halaman. Jika ingin bertanya dan hal-hal lain, silahkan langsung inbox saya.

Tuhan memberkati perjuangn ini. Perjuangan ini dalam pengawalan ROH Kebenaran itu sendiri.

Oleh. ERIK WALELA

KET. GAMBAR: Jefry Pagawak (kiri) dan Okto Mote (kanan)

[berlanjutโ€ฆ.]

You may also like

2 comments

Yusak uti May 8, 2021 - 6:47 am

Alam: Dr. Neles Tebai meninggal karena, diduga lainnya karena permainan Benny Wenda. Mulut Ular Beludak. Kamu harua hati-hati dan harus jaga mulutnya. Pernyataan mu itu membuat. Justru menyesatkan.
Setan juga kalah nih.

Reply
Ibouda May 8, 2021 - 6:49 am

Alam: Dr. Neles Tebai meninggal karena, diduga lainnya karena permainan Benny Wenda. Mulut Ular Beludak. Kamu harua hati-hati dan harus jaga mulutnya. Pernyataan mu itu membuat. Justru menyesatkan.
Setan juga kalah nih.

Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MELANESIA.news

News updates from Melanesian Archipelago and her peoples: direct, open, and as they happen, first-hand from across West Papua, Papua New Guinea, Solomon Islands, Fiji, Vanuatu and Kanaky.

Newsletter

Subscribe my Newsletter for new blog posts, tips & new photos. Let's stay updated!

Laest News

@2021 – All Right Reserved. Designed and Developed by PenciDesign